Sejarah tentang Firefox

Author jelajahkomputer17.blogspot.com - -
Home » » Sejarah tentang Firefox

Sejarah tentang Firefox



Sejarah tentang Firefox - dikembangkan oleh Dave Hyatt dan Blake Ross dalam proyek percobaan di Mozilla. Mereka mengembangkan sebuah browser stand-alone yang ditujukan untuk mengganti Mozilla Suite yang du anggap terlalu berat. Proyek Firefox pada awalnya bernama Phoenix, namun karena terbentur dengan masalah merek dagang Phoenix Technologies, maka proyek itu diganti dengan nama Firebird. Namun hal itu mendapatkan tanggapan dari proyek free detabase Firebird. Untuk menghindari kekacauan maka Mozilla Foundation menyatakan bahwa browser yang mereka kembangkan harus selalu menggunakan nama Mozilla Firebird. Namun mereka terus mendapatkan tekanan dari komunitas penggembang database. Akhirnya pada tanggal 9 Februari 2004, Mozilla Firebird resmi menjadi Mozilla Firefox. Pihak mozilla sendiri lebih suka jika Firefox di singkat sebagai FX atau fx, meskipun sekarang masyarakat lebih mengenal FF sebagai inisial dari Mozilla Firefox.

Versi 1.0 proyek Firefox resmi dirilis pada 9 November 2004. Perbaikan pertamanya, Firefox versi 1.5, dirilis pada 29 November 2005. Pada 24 Oktober 2006, Mozilla merilis Firefox 2. Versi ini sudah mencakup perbaikan untuk fitur Tabbed Browsing, Meneger ekstensi, GUI, mesin update software, fitur restore sesi yang baru, fasilitas pemeriksaan ejaaj inline, serta fitur anti-phising yang diimplementasikan oleh Google sebagai ekstensi.

Pada tanggal 16 Juni 2008, Mozilla Corporation merilis Mozilla Firefox 3. Versi ini telah menggunakan mesin Layout halaman web Mozilla Gecko versi 1.9. Beberapa fitur baru di versi ini adalah Download Manager yang sudah dirancang ulang, sebuah sistim "Places" untuk menyimpan bookmarks dan history, serta theme yang berbeda untuk sistim operasi yang berbeda. Pada hari itu Firefox 3 di-download oleh lebih dari 8 juta pengguna internet menjadikannya masuk kedalam Guinness World Record.
Sekian postingan dari saya tentang Sejarah tentang Firefox semoga bermanfaat, sampai bertemu dipostingan selanjutnya :)